Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh BI Rate dan nilai tukar terhadap pendapatan bagi hasil perbankan syariah periode 2018-2021

Wandira, Lina (2023) Analisis pengaruh BI Rate dan nilai tukar terhadap pendapatan bagi hasil perbankan syariah periode 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh kestabilan pendapatan bagi hasil perbankan syariah dimana salah satu indikator yang mempengaruhi pendapatan bagi hasil perbankan syariah yaitu suku bunga dan nilai tukar dimana suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia menjadi standar dalam penentuan bagi hasil Perbankan Syariah dan nilai tukar menjadi arahan suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia berkaitan dengan BI rate dan nilai tukar dipengaruhi oleh keadaan keuangan dan jumlah uang yang beredar. Berdasarkan laporan keuangan Bank Umum Syariah periode 2018-2021 yang diperoleh dari laporan keuangan bulanan pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) serta laporan dari Bank Indonesia (BI). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh Bi rate dan Nilai tukar terhadap pendapatan bagi hasil perbankan sayriah periode 2018-2021 baik secara parsial maupun simultan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data skunder dalam bentuk time series sebanyak 48 sample. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel dependen yaitu pendapatan bagi hasil perbankan syariah (Y) dan variable independen yaitu Bi rate dan nilai tukar rupiah (X) metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi kepustakaan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deksriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi, uji regresi linier berganda, uji simultan (uji F), uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2) dan data di olah menggunakan alat bantu eviews 10. Hasil penelitian secara parsial (uji t) bahwa BI Rate tidak berpengaruh terhadap pendapatan bagi hasil perbankan syariah dan Nilai tukar rupiah berpengaruh terhadap pendapatan bagi hasil perbankan syariah. hasil uji F bahwa BI Rate Dan Nilai Tukar Rupiah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Bagi Hasil Perbankan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Ananda Anugrah Nasution, S.E., M.Si
Keywords: BI Rate; Nilai tukar; Pendapatan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:12
Last Modified: 06 Feb 2024 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item