Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh variabel makro ekonomi terhadap saham syariah

Siregar, Nurcahaya (2023) Pengaruh variabel makro ekonomi terhadap saham syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam teori Tandelilin, mengatakan jika inflasi turun maka indeks harga saham syariah naik, teori sesuai dengan kenyataann yang ada yang dimana inflasi turun ditahhun 2019-2021 pada bulan Januari-Desember sedangkan ineks harga saham syariah di tahuan 2019-2021 mengalami kenaikan hal ini disebabkan teori sesuai dengan kenyataan yang ada. Menurut teori Yuni, mengatakan apabaila dollar Amerika naik maka harga saham menurun. Teori tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, dimana Dollar Amerika atau kurs naik ditahun 2019-2021 pada bulan Febuari-Desember dan pada tahun 2019-2021 indeks saham syariah juga mengalami kenaikan, hal tersebut menyatakan teori tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Menurut teori sartika menyatakan apabila harga minyak naik maka harga saham mengalami kenaikan juga. Teori tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dimana pada tahun 2019-2021 minyak mentah mengalami kenaikan sedangkan pada tahun 2019-2021 indeks saham syariah mengalami penurunan, teori tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Pembahasan penelitian berhubungan dengan ekonomi yaitu, Makroekonomi membahas tentang Inflasi, Kurs, Minyak Mentah dan Indeks Saham Syariah. Pendekatan teori ini juga berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu Inflasi, Kurs, Minyak Mentah, serta pendukung teori lainnya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear bergand, sumber data yang digunakan adalah data skunder melalui website www. Bi.co.id. dan www. Bps.co.id. populasi dalam penelitian ini adalah indeks saham syariah perbulan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan jumlah data sebanyak 84 sampel. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik , dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) inflasi, kurs, minyak mentah tidak memiliki pengaruh terhadap indeks saham syariah. Secara simultan (uji f) berpengaruh terhadap indeks saham syariah dan kontribusi inflasi,kurs,minyak memntah terhadap indeks saham syariah sebesar 22,6 persen dan sisanya 77,4 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H., M.Si dan Indah Permatasari Siregar, M.Si
Keywords: Inflasi; Kurs; Minyak mentah; Indeks saham syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012726 Islamic Stock Market
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:06
Last Modified: 06 Feb 2024 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item