Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pelayanan aplikasi pegadaian syariah digital dalam meningkatkan jumlah nasabah Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak

Hasibuan, Hanifa Rahmi (2023) Efektivitas pelayanan aplikasi pegadaian syariah digital dalam meningkatkan jumlah nasabah Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pegadaian Syariah Digital diluncurkan pada tahun 2018 oleh PT.Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Aplikasi pegadaian syariah digital ini merupakan aplikasi berbentuk mobile untuk mempermudah dalam bertransaksi. Dengan adanya layanan pegadaian syariah digital harusnya mampu meningkatkan jumlah nasabah. Namun nasabah lebih memilih bertransaksi secara manual dibandingkan pelayanan digital dikarenakan sering terjadi sistem eror dan kegagalan dalam bertransaksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana operasional pelayanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak dan apakah pelayanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaiamana operasional pelayanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) yang diterapkan di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Untuk mengetahui keefektifan aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perbankan syariah dan kegiatan usaha bank syariah. Untuk teori - teori yang digunakan yaitu efektivitas, pelayanan, Pegadaian Syariah Digital (PSD). Penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pegawai dan nasabah PT Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Metode penelitian observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Teknik penjamin keabsahan data trianggulasi dan perpanjangan pengamatan/ penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data redukasi data penyajian data, penyimpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada 2 yaitu Operasional pegadaian syariah digital semakin berkembang dengan adanya mekanisme mulai dari fitur pendaftaran serta fitur pembayaran dan juga fitur layanan Multi Pembayaran Online (MPO). Sedangkan efektivitas layanan PSD ditinjau melalui 7 dimensi yaitu efisiensi, reliabilitas, fulfillment, privasi, daya tanggap, kompensasi, dan kontak. Dari ketujuh dimensi tersebut ada 2 dimensi yang belum tercapai secara maksimal yakni reliabilitas dan daya tanggap. Kemudian mengenai peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak yang terjadi tidak begitu banyak akan tetapi sudah memenuhi ekspetasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I
Keywords: Efektivitas; Pelayanan; Pegadaian Syariah Digital (PSD); Nasabah; Pegadaian syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:50
Last Modified: 01 Feb 2024 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item