Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi spiritual guru pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Hasri Aini (2023) Kompetensi spiritual guru pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah karena kompetensi spiritual guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Kotanopan sudah baik, hal ini diketahui bahwa guru PAI mengajar dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, guru PAI juga bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dimana merupakan sebuah profesi yang harus dikembangkan secara terus menerus dan selalu membutuhkan variasi dalam pembelajaran supaya peserta didik mudah memahami yang disampaikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kompetensi spiritual guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi spiritual guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kotanopan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriptif dengan menggunakan dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sumber data adalah primer dan sekunder, analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompetensi spiritual guru pendidikan agama Islam sudah baik hal ini dilihat dari kemampuan guru pedidikan agama Islam dalam memaknai bahwa mengajar merupakan ibadah yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh dan ikhlas karena Allah SWT. Guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal sudah bisa bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, memiliki jiwa yang penuh integrasi dan dedikasi yang tinggi. Selain itu, guru PAI juga mengaktualisasikan nilai-nilai pada kegiatan pembelajaran, terhormat sebagai guru PAI, memiliki pelayanan yang baik dan mengimplementasikan nilai-nilai ketakwaan dengan sepenuh hati terhadap peserta didiknya dan menjadi GPAI adalah sebuah profesi yang harus dikembangkan secara terus menerus yang membutuhkan variasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Fauziah Nasution, M.Ag
Keywords: Kompetensi spiritual; Guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:37
Last Modified: 01 Feb 2024 01:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item