Sari, Novika (2023) Pengaruh personal selling dan literasi keuangan syariah terhadap minat mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu menjadi nasabah bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Negara Indonesia terkenal dengan penduduk muslim terbanyak di Indonesia, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik sebagian besar penduduk di Indonesia bermayoritas muslim. Oleh karena itu Bank Syariah muncul sebagai solusi bagi umat islam yang ingin memanfaatkan jasa keuangan agar terhindar dari dosa riba. Bank islam atau disebut bank syariah, adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga dan pengoperasionalnya dikembangkan dengan berlandaskan Al-Quran dan hadis Nabi Saw. Bank syariah dikembangkan sebagai lembaga bisnis keuangan yang mengacu pada prinsip syariah yang mengambil keuntungan dengan cara sistem bagi hasil. Persebaran Bank Syariah yang sudah merata menyebar luas di Indonesia juga tidak dapat menjamin masyarakat muslim menjadi nasabah bank syariah hal itu dikarenakan masih awamnya Bank Syariah bagi masyarakat di Indonesia terutama bagi mereka yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi sebab, semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula tingkat literasi keuangan nya begitupun sebaliknya. Sebagian masyarakat Indonesia sudah lebih dulu mengenal dan mengetahui bank yang menurut mereka setiap bank itu sama padahal yang mereka gunakan adalah Bank Konvensional. Selain masyarakat yang merasa masih asing terhadap Bank Syariah, mahasiswa muslim yang menjadi penerus bangsa juga merasa awam akan adanya kehadiran bank syariah di sekitar mereka meskipun mereka menerima baik adanya bank syariah padahal mahasiswa adalah salah satu yang dapat meningkatkan market share sebuah Bank. Salah satunya mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang menyambut baik adanya Bank Syariah disekitar mereka, akan tetapi meskipun mereka menerima baik kehadiran Bank Syariah hal tersebut masih membuat minat mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu terhadap Bank Syariah minim. Hal ini dilihat dari tidak sedikitnya mahasiswa Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang masih menggunakan Bank Konvensional meskipun mereka sudah mempelajari dan mengetahui tentang ekonomi islam dan bagaimana cara pengolahan keuangan sesuai prinsip islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M dan Indah Permatasari Siregar, M.Si |
Keywords: | Personal selling; Literasi keuangan syariah; Minat menjadi nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10138 |
Actions (login required)
View Item |