Ningsih, Isra Widya (2023) Penerapan model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik di Kelas IV SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar yang cenderung monoton serta minimnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran juga berdampak kepada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan tepatnya di kelas IV-B dengan jumlah siswa 26 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 65,96 dan persentase ketuntasan 38,5%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata kelas 69,80 dengan persentase ketuntasan 53,84%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 70,19 dan persentase ketuntasan 57,7%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,34 dengan persentase ketuntasan 73,07%. Dan pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata siswa mencapai 81,15 dengan persentase ketuntasan 84,6%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I., M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model Numbered Head Together (NHT); Pembelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10137 |
Actions (login required)
View Item |