Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembiayaan musyarakah dan murabahah terhadap total aset Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia

Br Ritonga, Lidia Putri (2023) Pengaruh pembiayaan musyarakah dan murabahah terhadap total aset Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya total aset adalah pertumbuhan pembiayaan di bank syariah, akan tetapi ditemukan laporan keuangan BPRS di Indonesia yang mengalami fluktuasi, yaitu pada bulan Februari 2022 pembiayaan Musyarakah mengalami peningkatan diiringi dengan penurunan total aset dan pada bulan Mei 2022 pembiayaan Murabahah mengalami penurunan diiringi dengan peningkatan total aset. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembiayaan Musyarakah dan Murabahah secara parsial dan simultan terhadap total aset BPRS di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan Musyarakah dan Murabahah secara parsial dan simultan terhadap BPRS di Indonesia. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan jenis pembiayaan dan total aset yang dimiliki BPRS di Indonesia. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembiayaan Musyarakah, Murabahah dan total aset. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 sampel data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumen, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh BPRS yang ada di Indonesia dan objek yang diteliti adalah data keuangan time series atau bulanan periode 2020-2022. Uji yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji hipotesis (uji t dan uji f), uji koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pembiayaan Musyarakah berpengaruh terhadap total aset BPRS di Indonesia karena nilai thitung > ttabel (11,641 > 1,69236), pembiayaan Murabahah juga berpengaruh terhadap total aset BPRS di Indonesia karena nilai thitung > ttabel (2,992 > 1,69236) dan secara simultan pembiayaan Musyarakah dan Murabahah berpengaruh terhadap total aset BPRS di Indonesia karena nilai Fhitung > Ftabel (756,472 > 4,14). Pengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap total aset sebesar 97,9% menunjukkan bahwa hubungan antara pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap total aset sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembiayaan Musyarakah dan Murabahah secara parsial dan simultan terhadap total aset BPRS di Indonesia periode 2020-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Pembiayaan musyarakah; Murabahah; Total aset
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:55
Last Modified: 31 Jan 2024 07:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item