Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat terhadap produk investasi emas pada bank syariah di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Aritonang, Fitri Arfah (2023) Persepsi masyarakat terhadap produk investasi emas pada bank syariah di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang persepsi masyarakat terhadap produk investasi emas pada bank syariah di Desa Pasar Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas yang diindikasi memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap investasi emas pada bank syariah. Fenomena yang didapatkan yaitu kurangnya pengetahuan atau pemahaman masyarakat serta minimnya informasi dari pihak bank syariah membuat masyarakat di Desa Pasar Binanga belum sepenuhnya paham dan mau menggunakan produk investasi emas di bank syariah meskipun mayoritas penduduk di Desa Pasar Binanga beragama islam. Tujuan penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang persepsi Masyarakat Kecamatan Barumun Tengah. Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengertian persepsi, masyarakat, investasi emas, manfaat investasi emas dan kelebihan investasi emas pada bank syariah. Skripsi ini diharapkan memberikan informasi yang bermanfaat bagi Masyarakat Desa Pasar Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas dan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi emas pada bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, instrumen data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana peneliti menggunakan wawancara tidak terstruktur yang hanya memuat pertanyaan tertentu guna mempermudah peneliti untuk mengumpulkan data terkait pada persepsi atau pendapat orang lain mengenai produk investasi emas pada bank syariah. Informan dalam penelitian ini adalah Masyarakat di Desa Pasar Binanga Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat Desa Pasar Binanga Kecamatan Barumun Tengah memiliki persepsi berbeda terhadap produk investasi emas. Masyarakat beranggapan investasi emas memang sangat penting dan merupakan benda berharga akan tetapi investasi tanah dan bangunan lebih menguntungkan dibandingkan investasi emas. Investasi tanah dan bangunan jika di bangun kontrakan, kos, rumah inap, menanam kelapa sawit dan apapun bentuknya akan lebih besar keuntungannya dibandingkan investasi emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan M. Yarham, M.H
Keywords: Persepsi; Investasi; Emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:27
Last Modified: 31 Jan 2024 07:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item