Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan masyarakat pada sektor informal di Kota Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu

Pane, Yuna Riska Sari (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan masyarakat pada sektor informal di Kota Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Besarnya persentase pekerja informal seiring dengan masih rendahnya tingkat pendidikan di dalam negeri. Selain itu masih banyak perusahaan kecil menengah yang belum mampu meningkatkan skala ekonominya dan mengembangkan keterampilan pekerjanya. Lebih lanjut, digitalisasi mendorong banyak anak muda mencari pekerjaan lebih fleksibel. Sektor informal dicirikan dengan adanya sejumlah besar aktivitas produksi dan jasa sekala kecil yang dilakukan individu atau memiliki keluarga dan menggunakan teknologi sederhana padat karya.Sektor informal cenderung beroperasi seperti perusahaan-perusahaanyang bersaing secara monopolistik yang memiliki kemudahan mamasuki pasar, kapasitas berlebih, dan adanya persaingan yang menuirunkan laba sampai ketingkat harga penawaran tenaga kerja.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 222 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Slovin dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 25. Lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu Kota Rantauprapat Lingkungan Prisai Kelurahan Bakaran Batu Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.Hasil analisis koefisien determinasi dapat di ketahui bahwa nilai Adjusted R Square menunjukkan variabel tingkat pendidikan, jam kerja, dan modal mempengaruhi pendapatan masyarakat pada sektor informal. Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial variabel tingkat pendidikan memiliki nilai thitung> ttabel sebesar. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikanberpengaruh terhadap pendapatan masyarakat pada sektor informal. Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial variabel jam kerja memiliki nilai thitung< ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa jam kerja tidakberpengaruh terhadap pendapatan masyarakat pada sektor informal. Berdasarkan hasil penelitian ini secara parsial variabel modal memiliki nilai thitung>ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa modalberpengaruh terhadap pendapatan masyarakat pada sektor informal. Berdasarkan hasil penelitian ini secara simultan variabel tingkat pendidikan, jam kerja dan modal memiliki nilai Fhitung>Ftabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan, jam kerja dan modalberpengaruh secara simultan terhadap pendapatan masyarakat pada sektor informal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Tingkat pendidikan; Jam kerja; Modal; Pendapatan masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:17
Last Modified: 31 Jan 2024 02:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item