Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Optimalisasi layanan pada peningkatan kuantitas nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan

Harahap, Edin Aulia (2023) Optimalisasi layanan pada peningkatan kuantitas nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengoptimalan layanan pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Umum (KCU) Padangsidimpuan dalam meningkatkan kuantitas nasabah dan juga ingin mengetahui apakah ada prinsip syariah yang digunakan sehingga dapat meyakinkan nasabah agar nyaman bertransaksi. Pembahasan dalam penelitian ini mencakup aspek-aspek pelayanan seperti responsifitas terhadap kebutuhan nasabah, pemahaman terhadap prinsip-prinsip syariah, yang berdasarkan dengan lima dimensi pelayanan yaitu berwujud (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empaty). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Utama (KCU) Padangsidimpuan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prinsip syariah memberikan pedoman kepada pimpinan dan karyawan dalam melaksanakan layanan untuk meningkatkan kuantitas nasabah seperti keadilan, tanggungjawab dan juga komunikatif; 2) Sikap dan tanggung jawab karyawan dalam berkomunikasi dengan pihak nasabah menjadi faktor sebab utama nasabah merasa puas dan nyaman dalam bertransaksi; 3) Pimpinan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Umum (KCU) Padangsidimpuan dalam mengoptimalkan suatu kegiatan perbankan yaitu dengan cara merekrut karyawan yang mampu berkomunikasi dengan nasabah sesuai dengan SOP yang ada di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Umum (KCU) Padangsidimpuan atau memiliki hubungan emosional dengan nasabah sehingga semua kalangan baik itu kaum awam bisa menggunakan jasa perbankan yang membuat kuantitas nasabah terus meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I
Keywords: Optimalisasi; Layanan; Kuantitas; Prinsip syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:45
Last Modified: 17 Jan 2024 07:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item