Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan muasyarakah terhadap Return On Invesment (ROI) pada Bank Muamalat Indonesia

Ramadayanti, Cindy (2023) Pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan muasyarakah terhadap Return On Invesment (ROI) pada Bank Muamalat Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Semakin meningkatnya perekonomian juga mendorong pelaku usaha kecil untuk semakin kreatif dalam mengembangkan usahanya. Namun dalam peningkatan usaha tersebut terkadang mereka mengalami kesulitan dalam pendanaan. Sehingga untuk mengembangkan usahanya pelaku bisnis meminta bantuan dari pihak perbankan. Salah satu tonggak utama pelaksanaan ekonomi syariah dalam dunia perbankan syariah adalah mudharabah dan musyarakah (bagi hasil). Jenis transaksi ini mewakili prinsip Islam untuk mewujudkan keadilan masyarakat melalui sistem bagi hasil. Oleh karena itu, pengelolaan pendapatan bagi hasil harus lebih efektif karena kemungkinan akan meningkatkan kontribusi terhadap perolehan pendapatan bank syariah. Dimana pada tahun 2019-2020 mengalami kenaikan maka Return On Invesment (ROI) ikut mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya. Sehingga dari fenomena yang ada menunjukkan ketidak sesuaian dengan teori yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bagi hasil mudharabah dan pengaruh bagi hasil musyarakah terhadap return on invesmen pada Bank Muamalat indonesia Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu perbankan syariah dan kegiatan usaha bank syariah. Dan untuk itu, pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan profitabilitas, Return On Investment, Pendapatan, Bagi hasil, bagi hasil mudharabah dan musyarakah. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan data sekunder dan bentuk triwulan dari tahun 2014 sampai 2022 sebanyak 36 sampel. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda, dengan instrumen pengelolahan data menggunakan software SPSS versi 23. Hasil Uji Parsial (Uji t) mudharabah terhadap ROI pada Bank Muamalat Indonesia Pada Tahun 2014-2022 sedangkan musyarakah tidak terdapat pengaruh terhadap ROI pada Bank Muamalat Indonesia Pada Tahun 2014-202. Sedangkan secara simultan (Uji F) Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Return On Investment pada PT. Bank Muamalat Indonesia. Memiliki pengaruh signifikan .Berdasarkan nilai yang didapatkan oleh Adjusted R squere sebesar -0,039 yang menyatakan pengaruh Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Return On Investment sebesar 4%, yang selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Sry Lestari, S.H.I., M.E
Keywords: Mudharabah; Musyarakah; Return On Invesment
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:28
Last Modified: 16 Jan 2024 03:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item