Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia Padangsidimpuan

Rambe, Vivi Hanipa Hannum (2023) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100207.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan merupakan salah satu bank yang berbasis syariah yang terletak di Padangsidimpuan yang wilayah kerjanya mencakup sekitaran Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan. PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan bukanlah satu-satunya bank yang ada di Padangsidimpuan serta pengetahuan nasabah mengenai teknologi baru yang diaplikasikan oleh Bank Syariah juga masih kurang serta pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan masih belum dapat membuat nasabah merasa puas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Customer Relationship Management (CRM) dan apa hambatan dalam melakukan implementasi Customer Relationship Management (CRM) ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 pegawai BSI dan 3 nasabah BSI dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) membantu PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan nasabah. implementasi Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah. Hambatan dalam implementasi ini adalah BSI tidak bisa memaksakan digitalisasi terhadap nasabah dan sering terjadi gangguan jaringan dari MOU.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Customer Relationship Management (CRM); Nasabah; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:03
Last Modified: 16 Jan 2024 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item