Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis layanan tabungan smart iB makbul PT.Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan menggunakan pendekatan model bisnis kanvas

Nasution, Annisa Maisarah Br (2023) Analisis layanan tabungan smart iB makbul PT.Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan menggunakan pendekatan model bisnis kanvas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Salah satu unit kerja yang berkontribusi besar terhadap portofolio haji adalah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan yang didasari adanya Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 30 tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, yang telah menetapkan 17 BPS BPIH. Adanya PMA dan UU tersebut mempengaruhi model bisnis layanan haji yang diterapkan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran terkait model bisnis dan strategi pengembangan bisnis yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan pada layanan Tabungan Smart iB Makbul di Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model bisnis kanvas. Model Bisnis Kanvas adalah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis yang terdiri dari 9 blok yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Partnerships dan Cost Structures. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari berbagai seumber asli yaitu hasil dari wawancara secara terstruktur dan semi terstruktur dengan 1 orang Teller dan 1 orang Customer Service di Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dan 7 nasabah yang menggunakan layanan Tabungan Smart iB Makbul. Data sekunder dapat diperoleh dari data yang telah diolah yaitu kajian pustaka pada buku, jurnal, dokumen dan lainnya. Pengecekan terhadap keabsahan data yang dilakukan melalui metode triangulasi sumber yang merupakan pengecekan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan Tabungan Smart iB Makbul di Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada dasarnya telah menerapkan model bisnis kanvas. Faktor pendukung dan penghambat dalam layanan Tabungan Smart iB Makbul di PT.Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dilihat dari faktor kekuatan dan peluang untuk faktor pendukung, sedangkan faktor kelemahan dan ancaman untuk faktor penghambat. Perancangan strategi bisnis yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan pada layanan Tabungan Smart iB Makbul dengan model bisnis kanvas yaitu meningkatkan terjaminnya transaski online dengan SISKOHAT, mempertahankan keistimewaan kepada jemaah haji, meningkatkan promosi, mempertahankan kemudahan persyaratan dan meningkatkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Idris Saleh, M.E
Keywords: Tabungan Smart iB Makbul; Model bisnis kanvas; Strategi bisnis; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:57
Last Modified: 11 Jan 2024 03:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item