Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh literasi keuangan dan digital marketing terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah (studi kasus pada Kecamatan Tano Tombangan Angkola)

Sibarani, Ramadan (2023) Pengaruh literasi keuangan dan digital marketing terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah (studi kasus pada Kecamatan Tano Tombangan Angkola). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Literasi Keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan dengan cerdas finansial dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada Masyarakat Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Didapati beberapa masalah diantaranya Minimnya pemahaman, kesadaran menabung dan pengaturan keuangan yang sangat buruk dengan tingkat konsumsi tinggi masyarakat Kecamatan Tano Tombangan Angkola menjadi salah satu faktor minimnya minat masyarakat menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Marketing terhadap minat masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pada Kecamatan Tano Tombangan Angkola).Teori – teori yang mendukung penelitian ini terdiri dari Literasi Keuangan dan Digital Marketing serta ruang lingkup dan indikator variabel independen dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik accidental sampling dengan jumlah sampel 94 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus taro yamane. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda uji t dan uji F. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh Literasi Keuangan dan Digital Marketing terhadap minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pada Kecamatan Tano Tombangan Angkola).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Aliman Syahuri Zein, S.E.I., M.E.I
Keywords: Literasi keuangan; Digital marketing; Minat dan produk bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:42
Last Modified: 11 Jan 2024 03:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10091

Actions (login required)

View Item View Item