Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi minat nasabah untuk menggunakan layanan pegadaian syariah digital

Siregar, Ainia Widi Alfhatia (2023) Faktor-faktor yang memengaruhi minat nasabah untuk menggunakan layanan pegadaian syariah digital. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kemajuan PT. Pegadaian Syariah ditandai dengan diluncurkannya Pegadaian Syariah Digital (PSD) untuk mengembangkan pasar yang objektif ke era Milenial. Pegadaian Syariah Digital ini diluncurkan pada tahun 2018 dan menjelang peluncurannya ada lebih dari 10.000 orang yang mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store. Meskipun banyak keuntungan yang di dapat tapi masih banyak dari nasabah pegadaian syariah yang tidak menggunakannya, terkhusu nasabah Cabang Pegadaian Syariah Rantau Prapat. Rumusan masalah penelitian ini apakah kemudahan penggunan, manfaat dan risiko berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan pegadaian syariah digital. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat dan pembahasan tentang faktor kemudahan pengguna, manfaat dan risiko serta pembahasan Pegadaian Syariah dan Pegadaian Syariah Digital, pengertian Pegadaian Syariah dan Pegadaian Syariah Digital, cara registrasi layanan Pegadaian Syariah Digital. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 99 responden. Sumber data yang digunakan data primer. Tehnik pengumpulan datanya adalah angket/ kuesioner, jumlah sampel 99 nasabah dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu sampling sederhana acak (simple random sampling). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis. Berdasarkan hasil olahan data yang dilakukan peneliti maka diperoleh hasil penelitian, Variabel kemudahan penggunaan memiliki Ha1 ditolak Ho1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah. Variabel manfaat memiliki Ha2 diterima Ho2 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa manfaat berpengaruh terhadap minat nasabah. Variabel risiko memiliki Ha3 diterima Ho3 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa risiko berpengaruh terhadap minat nasabah. Dari hasil uji signifikansi simultan (uji F) di atas bahwa Ha4 diterima Ho4 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemudahan penggunaan, manfaat dan risiko berpengaruh secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Kemudahan pengguna; Manfaat; Risiko; Minat; Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:13
Last Modified: 10 Jan 2024 02:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item