Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Rahmadani (2023) Analisis pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500207.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Analisis Pembelajaran Berbasis PAKEM yaitu Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan penekanan pada belajar sambil bekerja. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, Ibu Desi Arianti Lubis wali kelas IV sudah menerapkan pembelajaran berbasis PAKEM tetapi belum sepenuhnya diterapkan pembelajaran berbasis PAKEM yang disebabkan dengan adanya siswa takut bila berhadapan dengan pembemlajaran pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan, Apakah hambatan yang di alami guru dalam pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa proses pelaksanaan pembelajan berbasis PAKEM dan hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 101115 Sihaborgoan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Analisis hasil diperoleh bahwa proses pelaksanaannya sudah menerapkan pembelajaran berbasis PAKEM dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru dan siswa telah aktif dalam Proses pelaksanaan pembelajaran yang ditunjukkan kepada guru sudah berusaha menciptakan suasana yang tidak monoton, suasana yang dinamis, banyak kegiatan, dengan cara menggunakan metode bercerita dengan menggunakan Bahasa Indonesia pada saat menjelaskan materi pembelajaran, menggunakan belajar dari aneka sumber, seperti pengelola kelas (berkelompok), keterampilan bertanya, pelayanan individual, dan refleksi yang dapat menambah pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat menambah minat belajar siswa dan memudahkan siswa memahami pembelajaran. Hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran PAKEM di antaranya berkaitan dengan adanya siswa pasif dan malu, keterbatasan waktu, biaya, serta sarana prasarana yang terbatas. Sedangkan keunggulan menerapkan PAKEM yaitu siswa menjadi mengikuti pembelajaran, tidak merasa bosan saat pembelajaran, dan lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Berbasis PAKEM; IPS; Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:01
Last Modified: 09 Jan 2024 05:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item