Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis persepsi pedagang muslim terhadap produk dan jasa bank syariah (studi kasus pada Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan)

Putri, Asty Kurnia Eka (2023) Analisis persepsi pedagang muslim terhadap produk dan jasa bank syariah (studi kasus pada Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak pedagang yang belum memahami dan mengetahui konsep bagi hasil serta hukum riba dalam prinsip syariah, pedagang tidak dapat membedakan antara bank syariah dan bank konvensional serta beranggapan bahwa bank syariah dan bank konvesional tidak adanya bedanya. Pedagang juga lebih banyak memilih menggunakan bank konvensional dibandingkan dengan bank syariah. Sedangkan pedagang yang berada di Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan bermayoritas muslim dan lokasi pasar yang berada di tengah kota cukup dekat dengan bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana persepsi pedagang muslim terhadap produk dan jasa bank syariah, bagaimana persepsi pedagang muslim terhadap promosi bank syariah, dan bagaimana persepsi pedagang muslim Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan terhadap perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Tujuan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui persepsi pedagang muslim terhadap produk dan jasa bank syariah, mengetahui persepsi pedagang muslim terhadap promosi bank syariah, dan mengetahui persepsi pedagang muslim Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan terhadap perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bank syariah, dan persepsi dan pedagang muslim. Pembahasan bank syariah menjelaskan pengertian bank syariah, fungsi dan peran bank syariah, prinsip bank syariah, produk dan jasa bank syariah, promosi bank syariah, dan lokasi bank syariah. Dalam pembahasan persepsi memaparkan pengertian persepsi, faktor-faktor persepsi, proses pembentukan persepsi, aspek-aspek persepsi, dan persepsi dalam pandangan islam. Dalam pembahasan pedagang muslim menjelaskan pengertian pedagang muslim, jenis-jenis pedagang, perilaku pedagang, fungsi pedagang, dan faktor-faktor keberhasilan usaha pedagang. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 25 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data yang diguanakn ialah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pedagang muslim Pasar Pajak Batu Padangsidimpuan masih belum memahami tentang produk dan jasa bank syariah, serta sistem perbankan syariah baik dalam konsep riba dan bagi hasil, pedagang muslim juga berpendapat bahwa belum ada promosi dan sosialisasi yang dilakukan pihak bank syariah sehingga pedagang masih banyak yang belum mengenal bank syariah, dan pedagang muslim tidak dapat membedakan bank syariah dan bank konvensional dan beranggapan sama saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I
Keywords: Bank syariah; Pedagang muslim; Persepsi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:08
Last Modified: 09 Jan 2024 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item