Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendapatan non halal terhadap penyaluran dana kebajikan pada Bank Muamalat Indonesia

Harahap, Sabda Neldahani (2023) Pengaruh pendapatan non halal terhadap penyaluran dana kebajikan pada Bank Muamalat Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendapatan non halal adalah semua penerimaan dari kegiatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah antara lain penerimaan jasa giro atau bunga yang berasal dari bank umum konvensional. Sedangkan penggunaan dana non halal didominasi oleh kegiatan sosial dana kebajikan. Oleh karena itu terjadinya kenaikan maupun penurunan nilai terhadap pendapatan non halal yang tidak diikuti oleh penyaluran dana kebajikan pada bank Muamalat Indonesia periode 2015-2022 sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendapatan non halal berpengaruh terhadap penyaluran dana kebajikan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan non halal terhadap penyaluran dana kebajikan di PT. Bank Muamalat Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai pendapatan non halal dan penyaluran dana kebajikan, sumber dan penggunaan dana kebajikan dalam PT. Bank Muamalat Indonesia baik dari segi teori, menghitung dan penyalurannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data pendapatan non halal pada Bank Muamalat Indonesia tahun 2015-2022 dan data penyaluran dana kebajikan pada Bank Muamalat Indonesia tahun 2015-2022 yang diakses melalui situs resmi https://www.bankmuamalat.co.id dengan jumlah 32 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis secara parsial uji parsial (uji t), dan Uji koefisien determinasi R2. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendapatan non halal terhadap penyaluran dana kebajikan. Hasil uji determinasi (R2) dalam penelitian ini sebesar 90,6 % dipengaruhi oleh variabel pendapatan non halal, sedangkan sisanya sebesar 9,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Pendapatan non halal; Penyaluran dana Kebajikan; Bank Muamalat Indonesia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:00
Last Modified: 09 Jan 2024 03:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item View Item