Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh word of mouth, brand image dan brand trust terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah (sudi kasus masyarakat Kelurahan Padang Matinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan)

Agustina, Yuli (2021) Pengaruh word of mouth, brand image dan brand trust terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah (sudi kasus masyarakat Kelurahan Padang Matinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100236.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Mayoritas masyarakat Kelurahan Padang Matinggi Lestari adalah masyarakat yang beragama Islam dengan persentase sebesar 81,8 % dari keseluruhan jumlah penduduk yang ada. Selain itu didukung dengan telah beroperasinya beberapa bank di kota Padangsidimpuan mengharuskan setiap lembaga keuangan termasuk bank syariah untuk memiliki kemampuan melihat peluang dalam meningkatkan market share-nya. Rumusan dalam penilitian ini adalah apakah word of mouth, brand image dan brand trust secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah word of mouth, brand image dan brand trust berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini digunakan untuk bisa menambah wawasan, pengetahuan dan acuan serta referensi dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan word of mouth, brand image dan brand trust. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 68 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastiditas), uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi (R Square), uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) serta menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa word of mouth bernilai positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Secara simultan word of mouth, brand image dan brand trust berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel word of mouth, brand image dan brand trust memengaruhi variabel keputusan menjadi nasabah bank syariah sebesar 35% dan sisanya sebesar 65% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Ja’far Nasution, LC., M.E.I
Keywords: Word of mouth; Brand image; Brand trust; Keputusan nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jan 2024 05:00
Last Modified: 03 Jan 2024 05:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

View Item View Item