Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pembiayaan murabahah terhadap pelaku UMKM (Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan)

Nasution, Zulpikar (2023) Analisis pembiayaan murabahah terhadap pelaku UMKM (Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan peneliti tentang semakin turunnya tingkat kualitas UMKM di Kabupaten Mandaling Natal, khususnya Panyabungan, mengingat sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian mayoritas kabupaten Mandailing Natal. Salah satu persoalaan yang dihadapi oleh pelaku UMKM pada saat ini adalah sulitnya mengembangkan usaha dikarenakan susahnya mengakses permodalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana potensi pembiayaan produk murabahah terhadap pelaku UMKM?, dan Bagaimana strategi yang dilakukan pelaku UMKM dalam mengembangkan produk usahanya. Tujuan penelitian ini adalaha untuk mengetahui potensi pembiayaan produk murabahah terhadap pelaku UMKM dan strategi yang dilakukan pelaku UMKM dalam mengembangkan produk usahanya. Landasan teori yang digukan penelitian ini adalah murabahah. Murabahah adalah akad transaksi jual beli suatu barang sebesar harga perolehan barang ditambah dengan margin yang disepakati oleh para pihak, dimana penjual menginformasikan terlebih dahulu harga perolehan kepada pembeli, dan UMKM adalah kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan merupakan jenis usaha kerakyatan yang proses pendirian usahanya relatif lebih singkat dan mampu dikelola oleh perorangan maupun keluarga yang memiliki batas pendapatan penjualan tahunan mulai dari Rp. 50 juta hingga maksimal Rp. 1 Miliar. Penelitian ini dilkaukan di BSI KCP Panyabungan, penelitian ini merupakan penelitian bersifat kualitatif deskriftif, penelitian ini dimulai dari bulan Juni 2022 sampai Juni 2023. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, Wawancar, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan Adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan cek keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Adapun hasil analisis penelitian ini yang dapat disimpulkan oleh peneliti adalah bahwa pembiayaan murabahah dapat memberikan potensi yang baik kepada pelaku UMKM. dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan pelaku UMKM bahwa potensi pembiayaan murabahah dapat memberikan potensi yang baik bahwa usaha pelaku UMKM setelah mendapat pembiayaan murabahah rata-rata usaha pelaku UMKM meningkat dilihat dari peningkatan pendapatan, omset pemjualan, bertambahnya minat konsumen membeli barang. Tapi dari itu semua tidak lepas dari strategi yang dilakukan oleh pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Analisis; Pembiayaan murabahah; Pelaku UMKM
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:40
Last Modified: 29 Dec 2023 09:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10050

Actions (login required)

View Item View Item