Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesehatan bank pada perusahaan perbankan syariah berdasarkan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital)

Siregar, Putri Ananda (2023) Analisis kesehatan bank pada perusahaan perbankan syariah berdasarkan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Metode RGEC (Risk Profil, Good Corporate Governance, Earning, Capital) merupakan metode yang digunakan dalam menilai tingkat kesehatan bank, karena informasi tentang kesehatan suatu bank sangat diperlukan oleh semua pihak, baik pemilik bank, manajemen bank, pemerintah dan masyarakat sebagai pengguna jasa bank. Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dikembangkan berbagai model prediksi untuk mengetahui kesehatan bank. Model Metode CAMELS dan Metode RGEC merupakan alat atau metode yang digunakan untuk memprediksi kesehatan bank dengan menggunakan rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan perusahaan perbankan syariah mulai tahun 2017 sampai 2021 dengan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital), dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan bank perusahaan perbankan syariah pada periode 2017 sampai 2021 menggunakan metode RGEC. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kesehatan bank berdasarkan metode RGEC. Faktor Risk Profile pada penelitian ini yang digunakan adalah risiko kredit yaitu dengan menghitung NPF (Non Performing Financing) dan risiko likuiditas yaitu dengan menghitung FDR (Financing to Deposit Ratio). Sedangkan untuk faktor Earning penilaian yang digunakan yaitu rasio Return On Assets (ROA), untuk faktor Capital pada penelitian ini menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 13 perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan selama 5 (Lima) tahun terakhir, sehingga dalam penelitian ini terdapat 65 sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan data sekunder yang dianalisis oleh peneliti menggunakan bantuan software microsoft excel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis laporan keuangan dengan menggunakan metode RGEC. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui jika rasio CAR yang konsisten dalam kategori sehat dan meningkat pada tahun 2020 dan 2021 menunjukkan bahwa perbankan syariah memiliki tingkat kecukupan modal yang memadai untuk menghadapi risiko. Namun, tetap diperlukan pemantauan dan pengelolaan risiko yang baik untuk menjaga stabilitas keuangan di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Ananda Anugerah Nasution, S.E., M.Si
Keywords: Kesehatan bank; Metode RGEC
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:36
Last Modified: 29 Dec 2023 09:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item