Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan gadai emas pasca Covid-19 (studi kasus di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak)

Dayanti, Dalmiar (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan gadai emas pasca Covid-19 (studi kasus di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100300.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Gadai Emas Pasca Covid-19 (Studi kasus di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Gadai Emas Pasca Covid-19 di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Gadai Emas Pasca Covid-19 di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai Minat, Gadai (Rahn), dan Emas. Minat Berdasarkan Etimologis berasal dari bahasa inggris yaitu Interest yang berarti kesukaan, perhatian (kecenderungan terhadap sesuatu), keinginan. Gadai (Rahn) berasal dari bahasa arab “rahana-yarhanu-rahnan” yang berarti menetapkan sesuatu , ar-rahn secara bahasa adalah tetap, kekal dan menahan suatu barang sebagai pengikat utang. Emas menurut para ahli, istilah emas (gold) berasal dari bahasa sansekerta jvalita yang diambil dari kata jval yang berarti “bersinar”. Emas merupakan unsur kimia dengan nomor atom 79. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang pengumpulan datanya dengan wawancara. sumber data lainnya adalah sekunder yaitu seperti dari buku, jurnal, Subjek dalam penelitian ini adalah 93 orang sebagai informan yang di wawancara dengan kriteria yang sudah di tetapkan, serta hasil data-data yang diperoleh akan di olah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Pegadaian dimasa pandemi sangat banyak diminati oleh Nasabah Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak karena bertransaksi di pegadaian sangat mudah dengan hanya menggunakan KTP dan barang yang ingin digadaikan selain itu bertransaksi dipegadaian juga sangat praktis, cepat, dan tidak menyita waktu untuk keperluan transaksi pencairan dananya sehingga hal demikian sangat cocok untuk keperluan mendesak. Minat masyarakat terhadap gadai emas di PT. Pegadaian CPS Alaman Bolak yaitu adanya nasabah yang mengetahui tentang gadai di PT. Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak mendapat informasi yang diperoleh dari temannya sehingga tertarik untuk menjadi nasabah disini. Nasabah yang menggadaikan emas di PT. Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak rata-rata nasabah yang sudah lama atau sering menggadaikan emasnya disini. Respon nasabah semuanya positif terhadap pegadaian. Nasabah disini lebih dominan pada faktor internal, yaitu faktor yang terdorong atas kemauan sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Sarmiana Batubara, M.A
Keywords: Minat; Gadai emas; Pegadaian syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:30
Last Modified: 29 Dec 2023 09:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item