Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas penggunaan mobile banking terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SYAHADA Padangsidimpuan

Indah, Siti Khopipah (2023) Efektivitas penggunaan mobile banking terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Mobile Banking adalah aplikasi yang disediakan oleh bank yang memungkinkan nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi kapanpun dan dimanapun melalui handphone. Layanan ini bukan hanya dimanfaatkan oleh nasabah secara umum, terlebih mahasiswa perbankan syariah di UIN Syahada Padangsidimpuan telah memanfaatkan layanan mobile banking dalam bertransaksi secara online. Namun, sebagian besar mahasiswa masih belum memnfaatkan kemudahan layanan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas penggunaan mobile banking berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan mobile banking terhadap kepuasan mahasiswa perbankan syariah di UIN Syahada Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian efektivitas, pengukuran efektivitas, efektivitas penggunaan mobile banking, pengertian mobile banking, layanan mobile banking, indikator efektivitas penggunaan mobile banking, pengertian kepuasan nasabah, tingkat kepuasan nasabah, pencapaian kepuasan nasabah, indikator kepuasan nasabah, pengertian bank syariah, dan sejarah bank syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuesioner angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien (R2) serta uji parsial (t) data diolah dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji t Ha dapat diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas penggunaan mobile banking terhadap kepuasan mahasiswa program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis islam di UIN Syahada Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A dan Ja’far Nasution, Lc., M.E.I
Keywords: Efektivitas; Mobile banking; Kepuasan nasabah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:11
Last Modified: 29 Dec 2023 09:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item