Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Ampek Jurai Lantai Batu Batusangkar

Matondang, Ririn Aulia (2023) Faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Ampek Jurai Lantai Batu Batusangkar. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Saat ini perkembangan di bidang jasa, khususnya perbankan sedang pesat. Jasa merupakan kegiatan yang dapat diidentifikasikan secara tersendiri, yang pada hakikatnya bersifat tak teraba, yang merupakan pemenuhan, kebutuhan dan tidak harus terikat pada penjualan produk atau jasa lain. Perkembangan perbankan syariah yang pesat tersebut tentunya juga berdampak pada lembaga keuangan lainnya seperti Baitul Maal Wa Tamwil dengan produk yang mereka miliki seperti mudharabah, musyarakah, Wadiah dan Qardh, tetapi beberapa tahun terakhir ini jumlah nasabah pembiayaan Murabahah mengalami penurunan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu Lokasi, Promosi, dan Pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor Lokasi, Promosi, dan Pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah pada KJKS BMT Ampek Jurai Lantai Batu Batusangkar. Menurut Wahyu Ario Pratomo dalam bukunya menyatakan bahwa pemilihan lokasi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan suatu usaha, karena pemilihan lokasi juga berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen. Menurut Yoesoep Edhie Rachmad, dkk dalam bukunya menyatakan bahwa bagaimana konsumen memproses informasi dan membuat keputusan. Dalam pemasaran, teori ini dapat membantu perusahaan merancang pesan iklan dan promosi yang efektif untuk menarik perhatian dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Menurut Anasta S. Ginting menyatakan bahwa salah satu aspek yang bisa berpengaruh terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen adalah kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, yang tentu saja sesuai harapan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis dengan menggunakan metode statistik SPSS versi 23. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 91 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji regresi liner berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Lokasi (X1) berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah (Y). Variabel Promosi (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah (Y). Variabel Pelayanan (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah (Y).Sedangkan secara bersama – sama (simultan) variabel Lokasi (X1) Promosi (X2), Pelayanan (X3)) terhadap variabel Keputusan Nasabah(Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Lokasi; Promosi; Pelayanan; Keputusan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:29
Last Modified: 29 Dec 2023 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item