Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa Kelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara

Hasibuan, Rina Royani (2023) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa Kelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500197.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran sering kali didominasi oleh kegiatan mencatat dan membaca buku dan model pembelajaran yang didominasi guru terlalu monoton. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara dan apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan memberikan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing diterapkan dengan cara siswa diarahkan untuk berdiskusi dan membentuk kelompok dimana setiap kelompok memiliki ketua kelompok untuk menjelaskan materi yang telah dijelaskan oleh guru. Dan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest sebelum penerapan model pembelajaran Snowball Throwing hanya 10,71% (3 siswa) dengan nilai rata-rata 41,07 yang memenuhi KKM. Kemudian pada siklus I persentase siswa meningkat menjadi 66,78 (10 siswa) dengan nilai rata-rata 66,78, pada siklus II persentase siswa meningkat menjadi 89,28 (25 siswa) dengan nilai rata-rata 85,71. Selisih persentase dari siklus I dengan Siklus II sebesar 78,57 (22 Siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 44,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV MIN 3 Labuhanbatu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar , S.Psi., M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran snowball throwing; Hasil belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:26
Last Modified: 22 Dec 2023 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item