Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis penerapan segmentasi pasar pada produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangdisimpuan

Agustina, Wildan (2023) Analisis penerapan segmentasi pasar pada produk tabungan emas dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangdisimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan jumlah nasabah tabungan emas PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan pada tahun 2016-2019 dan tahun 2020 mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan segmentasi produk tabungan emas di Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori serta penelitian terdahulu yang menjadi landasan peneliti ini. Berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, maka akan terbentuk suatu penelitian ilmiah yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Subjek pada penelitian ini adalah pegawai Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Tekhnik yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriftif. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pegadaian syariah alaman bolak padangsidimpuan sudah sesuai dengan bauran pemasaran, yang mana dalam strategi pemasarannya sudah di terapkan bauran pemasran 7P, yaitu: Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promosion), Orang (People), Proses (Process). Selain itu, penerapan segmentasi pasar yang dilakukan juga menjadi salah satu upaya yang baik dalam peningkatkan jumlah nasabah tabungan emas pada Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Analisis; Segmentasi; Pemasaran; Produk tabungan emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:28
Last Modified: 22 Dec 2023 03:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item