Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi kepribadian pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siabu

Pulungan, Yuliani (2023) Kompetensi kepribadian pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini karena guru di SMA Negeri 1 Siabu pada umumnya telah memiliki kompetensi kepribadian sendiri. Seperti pada umumnya guru di sekolah itu dalam melaksanakan tugasnya selalu disiplin waktu dan pembelajaran mereka mengajari siswanya dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan mudah di pahami dan dan mencontohkan kepribadian yang meraka ajarkan sangatlah bagus. Oleh karena itu peneliti ingin mencari data tentang kompetensi kepribadian pendidik/guru. Rumusan masalah ini bagaimana kompetensi kepribadian pendidik di SMA Negeri 1 Siabu, apa saja faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian pendidik di SMA Negeri 1 Siabu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepribadian pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siabu. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi dan Wawancara. Sumber data yang dibutuhkan yaitu(Kepala Sekolah, Guru/Pendidik dan Staf-Staf lainnya). Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan Triagulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa kompetensi kepribadian pendidik di SMA Negeri 1 Siabu menurut perspektif siswa adalah memberikan kepribadian yang baik kepada siswa/ murid mengajarkan sikap disiplin, jujur, adil dan dan bijak sana dalam menghadapi suatu masalah. Sedangkan yang menjadi kendala kepribadian pendidik yaitu pengaruh lingkungan, tidak ada persiapan ketika megajar, memaksa peserta didik harus bisa memahami materi yang ia ajarankan, tidak perhatian dengan perilaku peserta didik yang membanggakan ketika sedang belajar, memperlakukan peserta didik secara tidak adil, tidak sadar memberikan contoh tindakan kurang tepat pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Kompetensi; Kepribadian; Pendidik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:16
Last Modified: 22 Dec 2023 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10012

Actions (login required)

View Item View Item