Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh inflasi dan DPK terhadap pembiayaan pada bank umum syariah periode 2020-2022

Pane, Rosida (2023) Pengaruh inflasi dan DPK terhadap pembiayaan pada bank umum syariah periode 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terdapatnya fenomena yang tidak sesuai dengan Inflasi dan Dana Pihak Ketiga terhadap Pembiayaan dan penelitian terdahulu yang tidak konsisten. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh inflasi dan DPK terhadap pembiayaan Babk Umum Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi dan DPK terhadap Pembiayaan pada Bank Umum Syariah Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai pembiayaan, inflasi, dan DPK. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 36. Kemudian pengolahan data dilakukan menggunakan statistik dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, regrsi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial inflasi berpengaruh terhadap pembiayaan yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 3,171 > 1,692, sedangkan DPK berpengaruh terhadap Pembiayaan yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 9,368 > 1,692. Sedangkan secara simultan variabel inflasi, dan DPK sama-sama berpengaruh terhadap pembiayaan, dibuktikan dengan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 152.276 > 2,76 yang artinya secara simultan inflasi dan DPK berpengaruh terhadap pembiayaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa inflasi, dan DPK memberi konstibusi sebesar 11,7% dan sisanya 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa inflasi, dan DPK berpengaruh terhadap pembiayaan pada Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Inflasi; DPK; Pembiayaan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:26
Last Modified: 22 Dec 2023 02:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item