Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran usaha keluarga di Desa Sihepeng Dua Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Atika, Rizky (2023) Analisis strategi pemasaran usaha keluarga di Desa Sihepeng Dua Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Usaha Keluarga telah berdiri sejak tahun 1985, namun pendapatannya mengalami fluktuasi tiap tahun ke tahun. Maka, untuk mengetahui penyebab turunnya pendapatan Usaha Keluarga milik Bapak Jaka dan Bapak Mukri, perlu diketahui tentang strategi pemasaran yang digunakan dalam pemasaran Usaha Keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terkait dengan bagaimana strategi pemasaran saat ini Usaha Keluarga di Desa Sihepeng Dua Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, dan bagaimana penyusunan strategi pemasaran dengan penerapan 4P yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang analisis strategi pemasaran berupa pengertian strategi pemasaran, strategi bauran pemasaran, penyusunan strategi pemasaran 4P, tujuan strategi pemasaran, dan manfaat strategi pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dikelompokkan untuk dianalisis yaitu dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan langkah triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bapak Jaka dan Bapak Mukri dalam peningkatan dan pengembangan Usaha Keluarga dilakukan dengan marketing mix yang mencakup penetapan dalam menentukan suatu produk, harga, lokasi, dan promosi. Strategi produk dilakukan dengan mengutamakan kualitas, kuantitas, dan kelengkapan produk agar konsumen tetap melakukan pembelian di Usaha Keluarga. Strategi harga dilakukan dengan menetapkan harga yang sama dengan grosir lain, dan apabila konsumen tetap melakukan penawaran maka akan diberi potongan harga atau diskon yang tidak jauh dari harga awal. Strategi lokasi Usaha Keluarga yaitu memilih lokasi di pinggir jalan atau di pasar wilayah Sihepeng. Strategi promosi dilakukan dalam toko grosir dengan mewarkan produk baru kepada konsumen dan mengunjungi toko-toko kelontong dengan menjelaskan kelebihan grosir Usaha Keluarga. Sebagai pembeda dengan grosir lain, grosir ini menyediakan fasilitas becak gratis untuk memudahkan konsumen yang melakukan pembelian dalam volume banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Marketing mix; Pemasaran; Strategi; Usaha keluarga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:44
Last Modified: 20 Dec 2023 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item