Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh asset produktif dan dana pihak ketiga terhadap earning after tax pada Bank Syariah Madiri periode 2013-2018

Sitompul, Tuti Angraini (2023) Pengaruh asset produktif dan dana pihak ketiga terhadap earning after tax pada Bank Syariah Madiri periode 2013-2018. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100248.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam menjalankan fungsinya dengan baik, bank harus mempunyai modal yang cukup, menjaga kualitas assetnya dengan baik, dikelola dengan baik dan dioperasikan berdasarkan prinsip kehati-hatian. Mengahasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan usahanya, serta memelihara liquiditasnya sehingga dapat memenuhi kewajibannya satiap saat. Kelangsungan usaha bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah tergantung dari kemampuan dalam melakukan penanaman dana dengan mempertimbangkan risiko dan prinsip kehati-hatian berupa pemenuhan kualitas aktivanya. Pentingnya sumber dana dari masyarakat luas disebabkan sumber dana dari masyarakat luas merupakan sumber dana yang paling utama bagi bank. Rumusan masalah dari penelitia ini adalah Apakah Asset Produktif Dan Dana Pihak Ketiga secara simultan berpengaruh terhadap Earning After Tax pada Bank Syariah Mandiri periode 2013-2018. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh Asset Produktif dan Dana Pihak Ketiga terhadap Earning After Tax. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, karena analisis kuantitatif adalah analisis data terhadap data-data yang mengandung angka-angka dan numeric. Sampel dalam penelitian ini adalah Asset produktif , Dana Pihak Ketiga dan Earning After Tax pada PT. Bank Syariah Mandiri periode 2013-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder, dengan sampel sebanyak 24. Teknik pengumpulan data adalah dengan kepustakaan dan dokumentasi, dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F), uji koefisien determinasi (R2), dan uji regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diatas dengan menggunakan program SPSS 23.0 dapat disimpulkan bahwa asset produktif dan dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap Earning After Tax( laba bersih ) pada Bank Syariah Mandiri dimana dilihat dari hasil pengujian secara persial diperoleh Thitung sebesar 197.421dangan nilai dengan nilai P Value 0.046. karena P Value 0.046 < 0.05 dapat disimpulkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa asset produktif dan dana pihak ketiga memiliki pengaruh terhadap Earning After Tax atau laba bersih pada Bank Syariah Mandiri. dikarenakan tingginya rasio Asset Produktif yang dimiliki oleh suatu bank menunjukkan pembiayaan yang sudah produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Nofinawati, M.A
Keywords: Asset produktif; Dana pihak ketiga; Earning after tax
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:28
Last Modified: 20 Dec 2023 04:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item View Item