Amaliah, Rica (2023) Pengaruh suasana toko, promosi dan diskon terhadap pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1640200181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pembelian tidak terencana adalah perilaku pembelian yang dilakukan di dalam toko, dimana pembelian berbeda dari apa yang telah direncanakan konsumen. Pembelian tidak terencana adalah suatu tindakan pembelian yang dibuat tanpa direncanakan sebelumnya, keputusan pembelian dilakukan pada saat berada di dalam toko. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena suasana toko, promosi, dan diskon di plaza anugerah sudah dibuat semenarik mungkin seperti adanya etalase untuk memajang produk, pencahayaan yang terang, tempat yang rapi, bersih dan nyaman, tetapi pengunjung yang datang masih cenderung sedikit dan terus berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apa saja faktor yang dapat mempengaruhi pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumen dan mengenai promosi perusahaan, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena di Plaza Anugerah Padangsidimpuan ini. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Suasana Toko, Diskon, Promosi serta Pembelian Tidak Terencana. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan data primer, tekhnik pengumpulan datanya adalah angket/kuesioner, jumlah ampel 97 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji Validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t, uji F. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa terdapat pengaruh suasana toko terhadap pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan dan variabel promosi terhadap pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan. Sedangkan diskon tidak berpengaruh secara terhadap pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan. Berdasarkan uji F variabel suasana toko, promosi dan diskon secara simultan terhadap pembelian tidak terencana pada Plaza Anugerah Padangsidimpuan Adapun kontribusi yang diberikan oleh suasana toko, promosi dan adalah sebesar lima puluh lima koma tiga persen dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Suasana toko; Promosi; Diskon; Pembelian tidak terencana |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 03:10 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 03:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9994 |
Actions (login required)
View Item |