Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Batubara, Eva Fadilah (2019) Pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya kedisiplinan siswadi SD Yayasan Adnani Panyabungan. Masalah yang dibahasa dalah mengenai adakah pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kedisiplinan terhadap prestasi belajar. Dimana kualitas kedisiplinan tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tidak sesuai dengan SD Yayasan Adnani Panyabungan kabupaten mandailing natal. Jika kualitas kedisiplinan menurun maka keputusan prestasi belajar juga akan menurun, sehingga prestasi belajar pendidikan agama Islam SD Yayasan Adnani Panyabungan menurun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kuantitatif, jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 482 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 83 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi (PPM) Pearson Produck Moment dan Regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung sebesar 0,361 untuk pengaruh kedisiplinan siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing natal “sedang”, untuk tingkat prestasi belajar PAI siswa KKM yakni 70, hal ini berarti bahwa semua siswa dinyatakan lulus dengan prestasi amat baik “tinggi”. Selanjutnya hal ini menunjukkan tidak ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD Yayasan Adnani Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Dimana rhitung sebesar >rtabel (pada taraf kesalahan ditetapkan 5% dan N=83, 0,034 > 0,1818), besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y adalah 47% dan sisanya 99,88% ditentukan oleh faktor lain. Dalam analisis ini untuk memprediksi kenaikan yang disebabkan oleh variabel X terhadap variabel Y dari persamaan regresi linie yaitu a 62,49+0,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X akan mengakibatkan 0,012 unit kenaikan Y. Sedangkan untuk melihat kesignifikanannya menggunakan uji-t diperoleh thitung>ttabel =0,361>1,664 sehingga analisis tersebut berarti atau signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Kedisiplinan; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:21
Last Modified: 08 Sep 2020 04:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item