Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran Halal Network International Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) di Kota Padangsidimpuan dalam perspektif ekonomi Islam

Nurmalia, Nurmalia (2023) Strategi pemasaran Halal Network International Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) di Kota Padangsidimpuan dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200231.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan cara atau pendekatan utama yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan aktivitas pemasaran.pentingnya sertifikasi halal dalam strategi pemasaran perusahaan, khususnya pada perusahaan HNI HPAI yang berkomitmen terhadap produk herbal halal berkualitas. Namun, harga produk HPAI yang tinggi dianggap sulit dijangkau oleh sebagian konsumen, terutama mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah. Meskipun begitu, permintaan terhadap produk HPAI tetap meningkat setiap tahunnya, namun ada ancaman terhadap eksistensi produk HPAI dengan hadirnya produk serupa yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran agen/stokis produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia Padangsidempuan dalam perspektif ekonomi Islam, dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia di Kota Padangsidempuan saat ini dan di masa yang akan datang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen dan lebih spesifik lagi pada topik strategi pemasaran. Dalam penelitian ini, dilakukan pendekatan dengan menerapkan teori-teori strategi pemasaran untuk memahami strategi yang dilakukan oleh agen stokis PT. HNI-HPAI di Kota Padangsidimpuan dalam memasarkan produknya. Dengan menerapkan teori-teori tersebut, diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang strategi pemasaran yang tepat dan efektif dalam konteks agen/stokis produk Herba Penawar Alwahidah Indonesia di Kota Padangsidempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Kota Padangsidimpuan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil keputusan terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agen stokis PT.HNI-HPAI di Kota Padangsidimpuan menerapkan strategi pemasaran yang masih kurang efisien dalam strategi pemasarannya. Namun agen stokis PT.HNI-HPAI sudah menerapkan strategi pemasaran dalam perspektif ekonomi islam diantaranya Siddiq (kejujuran), Amanah (kepercayaan), Fathanah (keberhasilan), dan Tablig (penyebaran). Hal ini dapat dilihat dengan adanya jaminan kehalalan produk oleh MUI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: HNI-HPAI; Perspektif ekonomi Islam; Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:16
Last Modified: 15 Dec 2023 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9962

Actions (login required)

View Item View Item