Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 200211 Padang Sidempuan

Firdaus, Wildani (2023) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 200211 Padang Sidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini sejalan dengan rumusan masalah yaitu diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV sekolah dasar negeri 200211 padang sidempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, hal ini dilihat dari rata rata nilai ulangan siswa yeng belum mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh antara lain, rendahnya keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar yang cenderung monoton, kurangnya variasi dalam pembelajaran dan minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran juga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sumber datanya merupakan 20 orang siswa, instrument pengumpulan data menggunakan lembar tes untuk mengukur hasil belajar, serta pedoman observasi. Penelitian ini dilakukan hanya dengan II siklus dan masing masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan setelah dilakukan tindakan berupa penerapan model pembelajaran berbasis masalah, jika sebelumnya jika sebelumnya pada pra siklus nilai siswa belum mencapai KBM yaitu 54 dengan presentase ketuntasan hanya 30% dari jumlah keseluruhan siswa. Sementara pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata rata adalah 68 dan presentase ketuntasan 45% pada siklus I pertemuan II nilai rata rata kelas meningkat menjadi 73 dengan presentase ketuntasan 65%. Dan pada siklus II pertemuan I nilai rata rata meningkat menjadi 77 dan presentase ketuntasan 75%. Dan pada siklus II pertemuan II mencapai 80 dengan presentase ketuntasan 85%, dengan demikian penelitian ini di hentikan pada siklus II pertemuan II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditaergetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran berbasis masalah; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:06
Last Modified: 15 Dec 2023 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9961

Actions (login required)

View Item View Item