Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online perspektif ekonomi Islam pada masyarakat Desa Pangurabaan

Valentine, Anggi Raju (2023) Dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online perspektif ekonomi Islam pada masyarakat Desa Pangurabaan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200315.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang ikut terlibat dalam kemajuan media informasi dan teknologi. Meningkatnya penggunaan gadget atau alat-alat yang dapat dengan mudah terkoneksi dengan internet tidak hanya menjadi media hiburan melainkan mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatan jual beli. Begitu juga dengan masyarakat Desa Pangurabaan yang mayoritas islam mengatakan bahwa mereka sekarang dipermudah dengan adanya gadget pada saat sekarang ini. Mereka mengatakan lebih sering melakukan kegiatan pejualan dan pembelian barang secara online dengan menggunakan gadget. Dengan demikian ini mempengaruhi canggihnya zaman dan pengetahuan mereka juga dalam menggunakan teknologi. tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online, (2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online di Desa Pangurabaan. Pemabasan penelitian ini berkaitan dengan dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online pada masyarakat Desa Pangurabaan, sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan dampak gadget sebagai sarana promosi jual beli online yaitu membahas tentang pengertian, pemahaman, keuntungan dan hambatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat muslim Desa Pangurabaan yang terdiri dari 30 informan dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan NVivo. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak gadget terhadap sarana berpromosi dalam jual beli secara online sangatlah membantu dan memudahkan dalam setiap proses dari masing-masing pihak, baik penjual maupun dari pihak pembeli. Dalam tinjauan Islam adanya dampak gadget sebagai sarana berpromosi dalam jualan beli online yaitu terpenuhinya rukun jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan M. Yarham, M.H
Keywords: Dampak gadget; Promosi; Jual beli online; Ekonomi Islam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:14
Last Modified: 15 Dec 2023 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item View Item