Yulianita, Riska (2023) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III pada pembelajaran PPKn di SD Negeri 101070 Siunggam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500146.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 101070 Siunggam Kabupaten Padang Lawas Utara Kecamatan Padang Bolak Tenggara.Hal ini bisa dilihat dari hasil rata-rata (KKM). Rendahnya hasil belajar siswadisebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena cara belajar yang cenderung membosankan. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dan minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran juga berdampak kepada hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Make a Match pada pembelajaran Pendidika Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas III SD Negeri 101070 Siunggam, sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model Make a Match pada pembelajaran PPKn di kelas III SD 101070 Siunggam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan kelas III SD Negeri 101070 Siunggam. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101070 Siunggam tepatnya di kelas III dengan jumlah 18 siswa berupa 14 laki-laki dan 4 perempuan. Adapun Instrumen pengumpulan data berupa butir soal dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Hasil penelitian dengan menggunakan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 101070 Siunggam. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari kondisi awal dengan nilai rata-rata 33,33 dengan persentasi ketuntasan 16 %. Kemudian siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 59,44 dengan persentase ketuntasan 28% pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas 60,55 dengan nilai persentase ketuntasan 44%. Kemudian siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,88 dengan persentase ketuntasan 66%. Dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata persentase mencapai 74,44, dengan persentase ketuntasan belajar 94%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran make a match; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 05:46 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 05:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9926 |
Actions (login required)
View Item |