Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik Kelas V UPTD Sekolah Dasar Negeri 1 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Rambe, Fitri (2023) Peran guru pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik Kelas V UPTD Sekolah Dasar Negeri 1 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah menemukan kesenjangan antara siswa dan prilakunya. Disamping itu juga siswa kurang mendapat perhatian yang maksimal, hal ini dapat dilihat hampir sebagian siswa melakukan pelanggaran pada masa perkembangannya seperti mengobrol dengan temannya ketika pembelajaran berlangsung, berkata tidak sopan terhadap guru dan sesama teman, menjahili teman-temannya, berkelahi dengan teman. Selanjutnya guru kurang merespon akan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa. Guru hanya sebatas memberi larangan yang tidak menimbulkan efek jera bagi siswa yang melakukan pelanggaran. Rumusan masalah penelitian ini ialah:1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas V di UPTD Sekolah Dasar Negeri 1 Pekan Tolan kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik kelas V di UPTD Sekolah Dasar Negeri 1 Pekan Tolan kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan dan triansgulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa dapat melalui kegiatan kelompok dengan harapan dapat menerapkan karakter disiplin dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai dapat melalui metode keteladanan, metode nasehat, metode demonstrasi, dan metode diskusi. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung dan media bercerita. Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu diantaranya kesibukan orang tua,lingkungan, dan media massa. Selanjutnya solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu pemberian tugas dan kerjasama antara guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Peran; Guru pendidikan Agama Islam; Nilai-nilai karakter; Peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:49
Last Modified: 13 Dec 2023 03:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9921

Actions (login required)

View Item View Item