Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan bahan ajar pendidikan Agama Islam berbasis pendidikan multikultural untuk membentuk sikap moderasi beragama siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Nagajuang Kabupaten Mandailing Natal

Adri, Adri (2023) Pengembangan bahan ajar pendidikan Agama Islam berbasis pendidikan multikultural untuk membentuk sikap moderasi beragama siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Nagajuang Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar ini didasarkan pada kenyataan bahwa SMAN 1 Nagajuang merupakan sekolah yang siswanya multikultural dan multi agama. Dari total jumlah siswa tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 134 siswa, 48,5% adalah siswa muslim dan selebihnya 51,5% adalah siswa non-muslim. Akan tetapi, di sekolah ini belum tersedia bahan ajar khusus yang berkaitan dengan moderasi beragama sesuai dengan kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran objektif bahan ajar PAI kelas XI SMAN 1 Nagajuang, menghasilkan bahan ajar PAI berbasis multikultural untuk membentuk sikap Moderasi Beragama siswa, dan menguji sejauh mana validitas dan praktikalitas pengunaan bahan ajar berbasis moderasi beragama yang dikembangkan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development (R&D) dengan memakai model pengembangan pola ADDIE, terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket dengan melibatkan siswa guru dan kepala sekolah, kemudian data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan di SMAN 1 Nagajuang yaitu buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti” yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan tidak ditemukan buku atau bahan ajar khusus yang dikembangkan oleh guru sendiri yang sesuai dengan kondisi siswa yang multi agama. Pengembangan bahan ajar PAI berbasis moderasi beragama ini mengikuti pengembangan model ADDIE, selanjutnya menghasilkan produk pengembangan akhir berupa buku ajar dengan judul: “Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama untuk SMAN 1 Nagajuang Kelas XI yang terdiri dari: cover, kata pengantar, daftar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar (KI dan KD), pedoman penggunaan buku, materi pembahasan yang terintegrasi dengan sikap dan prinsip moderasi beragama sebanyak 5 bab, referensi dan glosarium. Adapun hasil uji validitas dari bahan ajar yg dikembangkan ini didapat total skor dengan rata-rata persentase 80,75% dengan kualifikasi valid dan hasil uji praktikalitas didapat total skor dengan rata-rata persentase 86,8% dengan kualifikasi sangat praktis. Sehingga bahan ajar ini dianggap valid, praktis dan cocok dengan kebutuhan untuk dijadikan sebagai bahan ajar kelas XI SMAN 1 Nagajuang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan dan Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A
Keywords: Pengembangan; Bahan ajar; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan multikultural; Sikap moderasi beragama siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:36
Last Modified: 13 Dec 2023 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9918

Actions (login required)

View Item View Item