Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya menumbuhkan kesiapan belajar siswa melalui penggunaan internet Kelas V di SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan

Hasibuan, Nurhasanah (2023) Upaya menumbuhkan kesiapan belajar siswa melalui penggunaan internet Kelas V di SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana proses belajar mengajar masih cenderung pasif dan masih berpusat pada guru selama pembelajaran selain itu pembelajaran tidak kondusif disebabkan oleh jumlah siswa yang cukup banyak dalam satu kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media internet dalam menumbuhkan kesiapan belajar siswa kelas V SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kesiapan belajar siswa dan penggunaan media internet dalam pembelajaran kelas, dimana peneliti dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi fenomena pada siswa kelas V SDN 100303 Pargarutan. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kesiapan belajar siswa dan penggunaan media internet di dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, sumber data yang digunakan data primer, teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan tes dan observasi, objek penelitian adalah siswa SDN 100303 Pargarutan. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mencari nilai rata-rata siswa yang dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1, terdapat 43% siswa yang tuntas, sedangkan pada pertemuan 2, angka tersebut meningkat menjadi 52%. Pada siklus II, persentase siswa yang tuntas semakin meningkat menjadi 70% pada pertemuan 1 dan 91% pada pertemuan 2. Selain itu, terjadi peningkatan nilai rata-rata keseluruhan siswa dari 60 pada pra siklus menjadi 78,48 pada siklus II pertemuan 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas kelas V SDN 100303 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan telah memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Dr. Lelya Hilda, M.Si
Keywords: Media; Internet; Kesiapan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:48
Last Modified: 12 Dec 2023 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item