Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus pada jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan)

Sovia, Annida Karima (2016) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus pada jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0220.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya mahasiswa yang belum menekuni wirausaha menunjukkan bahwa minat berwirausaha belum terbentuk sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari faktor-faktor yang dianalisis baik secara parsial maupun simultan, terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Faktor-faktor yang dianalisis mencakup faktor kepribadian dan faktor sociological. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan dan masyarakat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam pembentukan minat, tepatnya minat berwirausaha mahasiswa. Menurut sebuah teori yang dikemukakan Alma bahwa ada 3 faktor kritis yang berperan dalam membuka usaha baru diantaranya kepribadian dan sociological. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 82 mahasiswa dari seluruh angkatan 2012 dan 2013 jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yang berjumlah 441 mahasiswa, dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor kepribadian dan sociological terhadap minat berwirausaha mahasiswa, baik secara simultan maupun parsial. Faktor kepribadian mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa sebesar 51,6%, faktor sociological mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa sebesar 40,3%. Kontribusi secara bersama-sama dari kepribadian dan sociological adalah 58,9 % (R square) sedangkan 41,1% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat berwirausaha; kepribadian; sociological
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:38
Last Modified: 27 Apr 2020 02:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item