Habeahan, Wahyu Andika (2023) Problematika pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan awal yang menurut peneliti menarik untuk dikaji yaitu tentang problematika pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah. Di antara problematikanya adalah problem dari sisi pendidik, problem dari sisi peserta didik, problem sarana prasarana dan problem lingkungan belajar. Dari problematika-problematika yang ada tersebut membuat terhambatnya pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa problematika pendekatan saintifik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, Apa saja problematika pendekatan saintifik yang muncul dari sisi pendidik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah, Apa saja problematika pendekatan saintifik yang muncul dari sisi peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah, apa saja problematika pendekata saintifik dari sarana prasarana dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah, Apa saja problematika pendekatan saintifik yang muncul dari sisi lingkungan belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Sedangkan metode analisis data di mulai dari reduksi data, selanjutnya display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini, menyimpulkan bahwa Problematika Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tapanuli Tengah yaitu problem muncul dari sisi pendidik, peserta didik dan sarana prasarana. Problem yang muncul dari pendidik, pertama problem kompetensi pedagogik yang mana guru Aqidah Akhlak belum bisa memahami karakteristik siswa di ruangan kedua problem kompetensi profesioanal yaitu pendidik tidak menguasai media pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan pendekatan saintifik seperti infokus, media sosial dan laptop. Dari sisi peserta didik yaitu problem kesiapan peserta didik dalam penyediaan sumber belajar dan problem kesiapan diri pesertadidik. Dan problem sarana prasarana yaitu sarana prasarana yang ada pada Madrsah Tsanawiyah Negeri 2 Tapanuli Tengah tidak dapat mencukupi untuk pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Dr. Latifa Annum Dalimuthe, M.Pd.I |
Keywords: | Problematika; Pendekatan saintifik; Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 04:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9891 |
Actions (login required)
View Item |