Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh media puzzle terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 100900 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Tisam Nafisah (2023) Pengaruh media puzzle terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 100900 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas IV A di SD Negeri 100900 Gunung Tua pada pembelajaran matematika materi pecahan. Kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan disebabkan oleh guru kurang efektif dalam penggunaan media pembelajaran. Dalam penelitian ini permasalahan yang dikaji adalah tentang pengaruh mediia puzzle terhadap pemahaman siswa pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara media puzzle dengan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas IV di SD Negeri 1090900 Gunung Tua. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatifmetode ex post facto yaitu penelitian yang menguji apa yang telah terjadi pada subjek.Data dikumpulkan dari uji coba kedua kelompok yang terdiri dari kelas yang menggunakan media puzzle dengan kelas yang menggunakan media gambar di SD Negeri 100900 Gunug Tua. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa : Nilai koefisien variabel media puzzle 0,615 dengan nilai ttabel 0,361 analisis persamaan regresi dapat dilihat berdasarkan analisis uji-t thitung sebesar 1,205dan ttabel sebesar 0,361. Bila taraf kesalahan 5% untuk uji dua pihak, maka nilai ttabel = 0,361. Berarti thitung lebih besar ttabel (1,205<0,361) dengan demikian koefisien regresi yang ditemukan adalah signifikan. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Puzzle Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 100900 Gunung TuaKecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara dengan besaran pengaruh sebesar 37,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Penggunaan media puzzle; Pemahaman siswa; Pembelajaan matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2023 03:30
Last Modified: 09 Dec 2023 03:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item