Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Zufri Swalayan

Lubis, Purnama Sari (2023) Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Zufri Swalayan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kepuasan konsumen yang belum terpenuhi dan harga yang tidak sesuai dengan kualitas menyebabkan konsumen kurang puas terhadap Zufri Swalayan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Zufri Swalayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Zufri Swalayan. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas Produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. kepuasan konsumen merupakan penilaian dari konsumen atas penggunaan produk atau jasa dibandingkan dengan harapan sebelum penggunanya. Penelitian ini didukung oleh teori para ahli yang mengatakan adanya keterkaitan kepuasan dengan harga, dimana harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk. Suatu barang dan harga tersebut dapat memberikan memberikan kepuasan kepada konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersumber data primer. Dengan jumlah responden sebanyak 56 orang yang mengisi kuisioner (angket). Data angket diolah menggunakan program SPSS 23. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis (uji F dan Uji t), uji koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dengan uji parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil uji simultan menunjukkan terdapat pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan secara bersamaan terhadap kepuasan konsumen Zufri Swalayan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Harga; Produk; Pelayanan; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:14
Last Modified: 01 Dec 2023 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9853

Actions (login required)

View Item View Item