Harahap, Devi Amsaroh (2023) Strategi guru menggunakan ekspositori dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah strategi guru dalam pembelajaran matematika, karena strategi guru dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sosopan yang diterapkan oleh guru belum mampu diterima siswa dengan baik. Untuk itu peneliti melihat bagaimana strategi guru dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru menggunakan ekspositori dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sosopan. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan strategi ekspositori yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sosopan. 2) Apa kendala yang dialami guru dalam menerapkan strategi ekspositori dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Sosopan. Adapun jenis penelitian dan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru matematika di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, beberapa hal yang harus dipahami oleh guru yang akan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertama, merumuskan tujuan yang akan dicapai. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya dirumuskan dalam bentuk tingkah laku yang spesifik yang berorientasi kepada hasil belajar. Melalui tujuan yang jelas selain dapat membimbing siswa dalam menyimak materi pelajaran juga akan diketahui efektivitas dan efisiensi penggunaan strategi ini. Kedua, menguasai materi pelajaran dengan baik, penguasaan materi yang sempurna akan membuat kepercayaan diri guru meningkat, sehingga guru akan mudah mengelola kelas, ia akan bebas bergerak, berani menatap siswa, tidak takut dengan perilaku-perilaku siswa yang dapat mengganggu jalannya proses pembelajaran. Ketiga, mengenali medan dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi proses penyampaian pengajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Strategi guru; Ekspositori; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 07:32 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 07:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9843 |
Actions (login required)
View Item |