Hasibuan, Latifah Rahmi (2023) Penggunaan metode digital storytelling dalam upaya meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100331.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah minat belajar SKI siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong yang masih rendah, dikarenakan penggunaan metode belajar yang kurang menggunakan media dan variasi belajar. Salah satu upaya yang seharusnya dilakukan oleh guru bidang studi SKI untuk meningkatkan minat belajar siswa ialah dengan menerapkan metode yang lebih variative, seperti penggunaan metode digital storytelling dalam menyampaikan materi pembelajaran SKI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah metode digital storytelling dapat meningkatkan minat belajar SKI di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode digital storytelling dapat meningkatkan minat belajar SKI di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan intrumen pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwa penggunaan metode digital storytelling dalam upaya meningkatkan minat belajar SKI di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada sebelum tindakan (kondisi awal) kategori minat belajar siswa rendah dengan nilai persentase 48,433% sedangkan pada tes tindakan Siklus I (Pertemuan I) kategori minat belajar siswa masih kategori sedang dengan nilai 65,726%, dan pada tindakan Siklus I (Pertemuan II) kategori minat belajar siswa meningkat peresentasenya walaupun masih masuk kategori sedang dengan niai persentase 68,922%. Pada tindakan Siklus II (Pertemuan I) kategori minat belajar siswa bertambah tingkat menjadi tinggi dengan nilai persentase 73,245%, dan pada tindakan Siklus II (Pertemuan II) mencapai nilai persentase 75,375% dengan kategori tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode digital storytelling pembelajaran SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong memperoleh peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Abdusima Nasution, M.A |
Keywords: | Metode bervariasi; Minat belajar; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:53 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 05:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9840 |
Actions (login required)
View Item |