Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Karimah, Rina (2023) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini, bahwa berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi, menyebabkan semakin pudarnya nilai-nilai keislaman di sekolah-sekolah terutama di sekolah yang bersifat umum. Tingkat pemahaman siswa tentang nilai-nilai ajaran agama Islam tidak sesuai dengan imdikator tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Studi pendahuluan menemukan menurunnya akhlak siswa. Usaha untuk menanggulangi permasalahan dengan upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu dengan nilai keimanan, dan nilai akhlak, yang di tujukan pada siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai yang ditanamkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan dan bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam ditanamkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan, upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yaitu: wawancara dan observasi. Subjek peneliti yaitu guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai yang ditanamakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Padangsidimpuan adalah nilai keimanan dan nilai akhlak dengan mengajarkan nilai moral pada setiap pelajaran, dan guru menjadi teladan bagi siswa dalam berbicara dan berperilaku yang baik. Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah dengan ikut meneladanan ibadah sholat berjamaah bersama peserta didik, membiasakan sikap sopan dan santun dengan membudayakan 5 S yaitu, senyum, sapa, salam, sopan dan santun dalam dalam berbicara, kemudian memberikan nasehat di setiap pelajaran supaya peserta didik bisa meningkatkan ketawaan kepada Allah Swt. dan meyakini nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan menjiwainya, sehingga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadaran tanpa paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Upaya guru; Pendidikan Agama Islam; Menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:19
Last Modified: 30 Nov 2023 05:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item