Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 22 Rantau Utara

Juliyati, Nur Oni (2023) Penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 22 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 22 Rantau Utara yang disebabkan oleh guru yang sudah menggunakan model pembelajaran tetapi model pembelajaran yang digunakan belum terkonsep dengan baik, dan guru belum menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual pada pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual di kelas V SDN 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Kurt Lewin yang memiliki langkah-langkah seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 22 Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa, yaitu pada prasiklus memiliki nilai rata-rata siswa 55,78 dan ketuntasan klasikal sebesar 26,31% setelah digunakan model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual mengalami peningkatan pada siklus 1 pertemuan pertama nilai rata-rata siswa mencapai 65,52 dan ketuntasan klasikal mencapai 42%, kemudian meningkat pada siklus 1 pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 74,21 dan ketuntasan klasikal mencapai 68,42% dan meningkat lagi pada siklus 2 pertemuan pertama dengan nilai rata-rata siswa 88,68 dan ketuntasan klasikal sebesar 89,47%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Hasil belajar IPA; Model pembelajaran discovery learning berbantu media audiovisual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:45
Last Modified: 28 Nov 2023 04:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9832

Actions (login required)

View Item View Item