Pasaribu, Nur Haida (2023) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh kedisiplnan belajar terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh Kedisiplnan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas?”, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui ex post facto. Dengan pendekatan kuantitatif datanya diperoleh dengan cara membagikan angket dan dokumentasi yaitu mengambil data tentang nilai raport siswa dari daftar kumpulan nilai (DKN). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 113 siswa/i. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 42 siswa/I dari 42% yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, uji t, regresi linier dan uji F. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa t_hitung sebesar 9,006 untuk pengaruh kedisiplinan belajar siswa SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas “sedang”, untuk tingkat prestasi belajar PAI siswa KKM 70, hal ini berarti bahwa semua siswa dinyatakan lulus dengan prestasi amat baik “tinggi”. Selanjutnya hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Dimana t_hitung >t_tabel sebesar 9,006 > 2,021 pada taraf yang ditetapkan 5% dan N = 40, besar sumbangan variabel x terhadap y adalah 19%. Artinya menerima H_a dan menolak H_o atau terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 1 Desa Horuon Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Dalam analisis ini untuk memprediksi kenaikan yang disebabkan oleh variabel x terhadap variabel y dari persamaan regresi linier yaitu Ŷ = a + bX = 79,79 +-85,93.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag dan Dwi Maulida Sari, M.Pd |
Keywords: | Kedisiplinan; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 04:19 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9830 |
Actions (login required)
View Item |