Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Hutarajatinggi Kabupaten Padang Lawas

Rizkiani, Rizkiani (2023) Implementasi nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Hutarajatinggi Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara komprehensif implementasi nilai moderasi beragama pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Hutarajatinggi Kabupaten Padang Lawas. Oleh karena itu, masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Hutarajatinggi Kabupaten Padang Lawas. Masalah pokok dimaksud dirinci sebagai berikut: Pertama, bagaimana cara sekolah dalam memberikan pemahaman mengenai nilai moderasi beragama. Kedua, bagaimana upaya sekolah dalam mencontohkan dan meneladankan pengamalan nilai moderasi beragama. Ketiga, apakah sekolah melakukan monitoring atau pengawasan dalam penerapan nilai moderasi beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari data-data yang dikumpul, lalu diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada berbagai cara yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Hutarajatinggi Kabupaten Padang Lawas. Pertama, membekali siswa pengetahuan tentang nilai-nilai moderasi beragama melalui saluran berbagai bentuk pertemua yaitu upacara bendera, kegiatan keagamaan pada hari Jum’at, pertemuan di ruang kelas, halal bi halal. Kedua, membimbing siwa dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama dengan contoh dan teladan yang dilakukan dengan meneladankan nilai saling menghargai dan tidak membuli, menanamkan sikap bahwa semua manusia sama kecuali dalam hal ibadah dan akidah, dan menciptakan suasana yang baik dalam hal kebebasan menjalankan agama. ketiga, melakukan monitoring/pengawasan terhadap penerapan nilai moderasi beragama dengan cara membuat peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penerapan moderasi beragama, monitoring terjadwal yang dilakukan oleh guru piket yang bertugas setiap harinya dan monitoring insidental yang dilakukan oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Implementasi; Nilai moderasi beragama; SMP N 5 Hutarajatinggi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Nov 2023 04:14
Last Modified: 24 Nov 2023 04:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item View Item