Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe decision making untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 daerah tempat tinggalku di MIN 1 Tapanuli Utara

Harahap, Saima Putri (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe decision making untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 daerah tempat tinggalku di MIN 1 Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di MIN 1 Tapanuli Utara yang belum mencapai ketuntasan Belajar Minimal. Peneliti memberi saran untuk menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making pada tema 8 daerah tempat tinggalku, subtema 3 bangga terhadap tempat tinggalku, materi jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Rumusan masalah penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe decision making dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara pada tema 8 daerah tempat tinggal ku, subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe decision making. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Tapanuli Utara dengan subjek penelitian yaitu 19 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahapan perencanaan, tahapan tindakan, tahapan observasi, dan tahapan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dengan 2 pertemuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making dimana pada pembelajaran ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilakukan dari hasil pra siklus sebelum penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe decision making hanya 21% dengan nilai rata-rata 46,84. Meningkat menjadi 31% pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 55,78 dan meningkat lagi pada pertemuan ke II 42% dengan nilai rata-rata 65,26 dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase ketuntasan 68% dengan rata-rata 72,10 dan meningkat lagi pada pertemuan II dengan persentase 89% dengan rata-rata 80,52. Dengan demikian, hasil belajar siswa dari siklus I sampai Siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe decision making pada Tema 8 Daerah tempat tinggalku, Subtema 3 Bangga terhadap tempat tinggalku, pembelajaran 3 materi Jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahamad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model kooperatif; Tipe decision making; Hasil belajar; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:31
Last Modified: 22 Nov 2023 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9784

Actions (login required)

View Item View Item